GILI IMUT YANG BENAR-BENAR IMUT



Gili "Imut" Genting yang cantik dan imut


Bila Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa untuk mampir ke Gili Genting (Gili Imut). Pulau mungil nan indah di daerah Sekotong, Lombok Barat ini memiliki tempat tersendiri di hati saya. Saya langsung jatuh cinta sejak pertama kali melihat pulau ini pada tahun 2003. Terima kasih untuk Mas Tovic yang telah menunjukkan pulau cantik ini kepada saya.

Sebenarnya nama asli pulau ini adalah Gili Genting. Namun, karena begitu imutnya pulau ini, saya beri nama saja “Gili Imut”. Teman-teman juga nggak ada yang protes dengan nama pemberian saya itu. Jadilah nama Gili Imut lebih populer di antara teman-teman saya daripada nama aslinya Gili Genting.



Menyeberang ke Gili Imut dengan sepeda motor


Gili Imut merupakan pulau karang mungil tak berpenghuni, yang ditumbuhi alang-alang dan kaktus dengan titik tertinggi pulau kira-kira delapan meter dari permukaan laut. Letaknya kira-kira 55 kilometer di barat daya kota Mataram. Jaraknya dari daratan Pulau Lombok (Tanjung Elaq-Elaq) hanya sekitar dua ratus meter. Yang unik dari Gili Imut, Anda tidak perlu bersusah-susah naik perahu atau sampan untuk menyeberang ke pulau ini. Anda cukup berjalan kaki, untuk menyeberangi selat dangkal yang memisahkan Gili Imut dengan daratan Pulau Lombok. Bahkan, pada saat air laut sedang surut, Anda bisa menuju pulau ini dengan mengendarai sepeda atau sepeda motor. Pada saat air pasang pun, tinggi air laut hanya sebatas paha orang dewasa. Saya juga pernah menyeberang ke Gili Imut dengan mengendarai sepeda motor.



Tanjung Elaq-Elaq yang bentuknya mirip lidah


Gili Imut memang benar-benar imut. Luasnya kira-kira hanya seperempat lapangan bola. Namun, jangan anggap remeh pulau mungil ini. Panorama di sekitar pulau ini luar biasa indah. Apalagi bila Anda sudah berada di puncak pulau. Dari berbagai sudut, mata Anda akan dimanjakan oleh panorama yang menakjubkan. Di sebelah selatan Anda akan melihat daratan Pulau Lombok yang menjorok ke laut (Tanjung Elaq-Elaq) dan deretan perbukitan yang berjajar rapi. Tanjung Elaq-Elaq bentuknya seperti lidah. Elaq dalam Bahasa Sasak berarti lidah. Tidak mengherankan bila penduduk setempat menamakannya Tanjung Elaq-Elaq. Di sebelah barat, Anda bisa melihat sebuah pulau karang mungil yang bernama Gili Lontar dan pulau-pulau mungil lain di kejauhan. Bila langit sedang cerah, Anda juga bisa melihat Gunung Agung yang berdiri kokoh di Bali. Pemandangan di sebelah utara juga tak kalah indahnya. Anda bisa melihat laut biru kehijauan dan pulau karang yang sangat mungil, bernama Gili Poh. Di sebelah timur, terlihat daratan pulau lombok yang berbukit-bukit dan pantai berpasir putih yang menghampar luas.



Gili Lontar dan Gunung Agung yang tampak samar-samar


Panorama matahari tenggelam (sunset) di Gili Imut sangat menakjubkan. Detik-detik sunset yang luar biasa indah ini bisa Anda saksikan setelah pukul 18.00, dengan catatan cuaca cerah. Pada waktu menjelang sunset, langit Gili Imut didominasi warna jingga kemerahan. Di ufuk barat, nampak bulatan matahari berwarna oranye terang kemerahan dengan latar belakang Gunung Agung dan pulau-pulau mungil yang bertebaran.. Perlahan-lahan, bola raksasa itu mulai turun ke peraduannya. Kemudian, dengan gerakan yang sangat cepat ia menghilang di garis cakrawala. Selama proses itu, bayangan indah tampak di mana-mana. Langit dihiasi warna lembayung dan laut dipenuhi warna keemasan hasil pantulan sinar matahari. Sesekali tampak awan gelap yang menambah kontras pemandangan. Benar-benar lukisan alam yang sempurna.

Kapan pun Anda berkunjung ke Gili Imut, Anda akan menjumpai panorama alam yang menakjubkan. Saya sendiri sudah lima kali berkunjung ke Gili Imut, tetapi tak pernah bosan untuk datang lagi dan lagi. Gili Imut merupakan salah satu titik terindah di Pulau Lombok dan salah satu tempat favorit saya di Pulau Lombok.(edyra)***
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "GILI IMUT YANG BENAR-BENAR IMUT"

Post a Comment