PESONA WISATA TRENGGALEK




Trenggalek adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di pesisir selatan, menghadap ke Samudera Indonesia. Tak heran kalau Trenggalek mempunyai banyak pantai cantik yang menjadi andalan wisatanya. Selain pantai, kabupaten yang terletak di sebelah timur Kabupaten Pacitan dan di sebelah barat Kabupaten Tulungagung ini juga memiliki banyak destinasi wisata lainnya seperti gua, air terjun, hingga hutan mangrove. Berikut beberapa tempat menarik yang bisa Anda sambangi ketika berkunjung ke Trenggalek. 

 

Gua Lowo
Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli gua dari Perancis, Gilbert Mantovani dan Kingston Kho, Gua Lowo merupakan gua terbesar dan terpanjang di Asia Tenggara. Gua ini memiliki panjang sekitar 2 km tapi yang bisa dijelajahi dengan mudah dan aman oleh pengunjung hanya sekitar 800 meter. Di dalam gua ini terdapat banyak stalaktit dan stalakmit dengan bentuk-bentuk yg unik dan menarik. Dengan disinari lampu aneka warna, suasana di dalam gua jadi lebih menarik dan tidak menyeramkan. Gua ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa anak tangga lengkap dengan pagar sehingga aman untuk pengunjung. Gua Lowo terletak di Desa Watuagung, Kecamatan Watulimo dan berjarak sekitar 30 km arah selatan dari pusat kota Trenggalek. Lokasi gua ini searah dengan Pantai Prigi, Hutan Mangrove Cengkrong, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Karanggongso. Jadi setelah mengunjungi Gua Lowo, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke tempat-tempat tersebut.

 

Pantai dan Hutan Mangrove Cengkrong
Bergerak ke arah selatan, Anda akan bertemu Pantai dan Hutan Mangrove Cengkrong sebelum Pantai Prigi. Pantai Cengkrong berada di sebuah teluk kecil, di antara dua bukit di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo. Pantai Cengkrong berpasir hitam dengan ombak yang tak begitu besar. Pantai ini dipagari pepohonan kelapa di bibir pantainya sehingga suasananya tampak asri. Sebenarnya daya tarik utama tempat wisata di Desa Karanggandu, Kecamatan Watulimo ini bukan pantainya melainkan hutan mangrovenya yang lokasinya berada sekitar 300 meter di seberangnya. Hutan Mangrove Cengkrong terletak di seberang Pantai Cengkrong. Hutan mangrove ini sudah dilengkapi dengan jembatan (disebut Jembatan Galau) dan beberapa gazebo yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk menikmati pemandangan dan beristirahat saat lelah. Sambil melepas penat, wisatawan bisa memantau polah tingkah aneka satwa yang hidup di hutan bakau, seperti kepiting, ikan, dan burung yang beterbangan dan hinggap di pucuk-pucuk pohon mangrove. Untuk petualangan yang lebih seru, pengunjung bisa naik perahu yang akan bergerak menyusuri sungai menuju ke arah pantai hingga tiba di bawah Jembatan Cengkrong.

 


Pantai Prigi 
Tak jauh dari Pantai Cengkrong terdapat Pantai Prigi. Pantai kebanggaan Warga Trenggalek ini berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo. Pantai Prigi merupakan objek wisata paling terkenal di Trenggalek meski menurut saya pantainya biasa saja. Bibir Pantai Prigi cukup panjang dan landai dengan pasir pantai berwarna coklat. Ombaknya tak begitu besar sehingga aman untuk berenang, mandi ataupun sekedar bermain air. Di pinggir pantai terdapat panggung terbuka cukup lebar dengan tulisan “PRIGI 360” yang menjadi lokasi favorit pengunjung untuk berfoto. Di sekitar pantai banyak terdapat warung makan yang menyediakan hidangan laut (sea food). Toilet dan mushola juga tersedia di pantai ini. Sayangnya banyak sampah bertebaran di sana-sini sehingga merusak keindahan pantai.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS
Read Comments

0 Response to "PESONA WISATA TRENGGALEK"

Post a Comment